-->

cegah papan sirip berjamur

loading...

cegah papan sirip berjamur

Sirip yang berjamur sangat tidak disukai oleh burung walet, karena bila papan sirip berjamur maka permukaan papan tersebut akan licin, dan ini akan menyulitkan bagi walet untuk bertengger. Selain itu, bau papan yang berjamur kurang disukai oleh walet. Pada papan sirip yang jamurnya sudah parah, maka walet akan kesulitan membikin sarang di papan tersebut.

Ada beberapa penyebab papan sirip berjamur diataranya adalah :
1. papan siripnya tidak kering benar. Saat papan sirip di pasang, masih menyimpan kadar air. Sehingga, karena ada kandungan air di papan itu, maka lambat laun akan memberi kesempatan hidup bagi munculnya “jamur” di papan itu.
2. papan sirip dari jenis kayu yang lunak, seperti albasia/sengon misalnya, maka dalam waktu 1 atau 2 tahun papan sirip itu akan terserang jamur.
3. papan sirip yang dibikin dari kayu yang masih usia muda, juga bisa berpotensi memunculkan jamur. Pori-pori pada kayu muda tidak serapat pori pori pada kayu tua. Dengan kelembapan tinggi, maka udara yang mengandung air ini akan mudah meresap ke pori-pori kayu muda
4. papan sirip nya terkena rembesan air dari bak air di lantai atasnya yang bocor. Jika rembesan air itu tidak segera ditanggulangi maka lambat laun akan menimbulkan problem munculnya jamur di papan sirip

Untuk menanggulangi papan sirip berjamur kita dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

1. Bersihkan jamur dari permukaan papan dengan menggunakan lap kain. Lantas sikatlah (dengan sikat kawat). Setelah bersih, kemudian lap dengan kain yang sudah diberi alkohol. Alkohol ini akan meresap ke dalam papan, dan membunuh akar jamur. Pakailah alkohol dengan kadar 70 %.
2. gunakan ex-house fan. Pilihlah ruangan gedung yang paling lembab, pasanglah ex-house fan di tempat itu. Dengan cara ini tentu akan sangat membantu menurunkan tingkat kelembapan yang tinggi. Jagalah kondisi dalam gedung agar tidak terlalu lembab.
3. Jika jamur di papan sirip itu sudah sangat parah, tidak ada jalan lain, kecuali mengganti dengan papan sirip yang baru. Jika papan sirip yang terkena jamur itu cukup banyak, maka gantilah secara bertahap. Sebagian orang melapis papan sirip yang berjamur tadi, dengan alumunium/ ram kawat parabola.
loading...

Share this:

Disqus Comments

Hello, can i help you? Send us a message now to get help assistance.

Facebook Messenger ×